Seminar Parenting Mempersiapkan Buah Hati Menyambut Ramadhan


Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD Universitas Narotama (UNNAR) bekerjasama dengan Griya Parenting Indonesia dan Radio Suara Muslim 93,8 FM menyelenggarakan seminar parenting dengan tema "Trik Jitu Mempersiapkan Buah Hati Menyambut Bulan Ramadhan" yang berlangsung di Conference Hall UNNAR pada Selasa, 23 Mei 2017.
Seminar tersebut menghadirkan narasumber Drs. Miftahul Jinan, M.Pdi (Penulis serta Master Trainer Parenting di Griya Parenting Indonesia). Seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNNAR, Andini Dwi Arumsari, S.Psi, M.Psi, Psikolog, dengan peserta terdiri para mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan UNNAR.
Miftahul Jinan menuturkan bahwa selama bulan Ramadhan merupakan 30 hari yang sangat berharga dalam membangun karakter anak. Melatih anak agar disiplin melakukan suatu perbuatan, diantaranya puasa, tidak cukup hanya dengan perintah dan mengingatkan dua atau tiga kali. Idealnya 21 sampai 30 kali sehingga perbuatan tersebut akhirnya dapat membentuk kebiasaan dan karakter seorang anak.
“Orang tua perlu bersabar dan tidak sampai memarahi anak-anak ketika mereka lupa tidak disiplin, apalagi kalau anak-anak kita masih belum baliq yang tidak punya kewajiban harus puasa,” ingat Miftahul Jinan.
Momen puasa Ramadhan, lanjut Miftahul Jinan, adalah bagaimana anak-anak untuk belajar mampu mengendalikan keinginannya. Momen dimana orang tua untuk mendampingi anak-anaknya belajar puasa. Ramadhan juga sebagai sarana anak-anak dengan dengan orang tuanya, khususnya ayah dengan mengajari mengaji Alquran dan sholat tarawih berjamah di masjid atau mushola. [nar]
Foto: Seminar parenting “Trik Jitu Mempersiapkan Buah Hati Menyambut Bulan Ramadhan” berlangsung di Conference Hall UNNAR, Selasa, 23 Mei 2017. 

No comments

Powered by Blogger.